3 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Ingin Renovasi Rumah

3 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Ingin Renovasi Rumah

Renovasi rumah yang sudah didiami selama berpuluh tahun terkadang membuat para anggota keluarga yang ada didalamnya merasa bosan dan ingin mengganti segala macam perabotan atau cat dinding yang ada dalam rumah. Hal itu mungkin adalah hal yang wajar untuk menciptakan konsep rumah yang lebih segar dan membuat semua anggota keluarga merasa lebih betah didalam rumah. Namun demikian, ketika anda ingin melakukan renovasi rumah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya:

Desain baru yang akan diterapkan

Sebelum anda melakukan renovasi, konsultasikan terlebih dahulu desain renovasi yang akan anda terapkan baik untuk eksterior maupun interior rumah pada seorang ahli bangunan dan ahli interior. Anda dapat menghubungi para ahli ini dengan menggunakan kenalan dari kolega anda atau mengetahui ikalnnya dari koran lokal. Dengan demikian, tata letak perabotan ataupun komponen lain yang harus diubah nantinya tidak akan merepotkan anda.

Perkiraan biaya

Ketika anda sudah menetapkan desain baru yang akan diterapkan pada hunian lama atau list area yang ingin anda perbaiki, anda harus dapat menetapkan perkiraan biaya yang akan anda habiskan sesama proses perbaikan. List budget yang anda susun harus meliputi belanja material bahan (semen, keramik, batu kali, dan sebagainya), biaya jasa tukang atau orang yang anda percaya untuk merenovasi hunian anda, biaya pemasangan atau penggalian beberapa area yang diperlukan untuk perbaikan fasilitas rumah (contohnya ketika ingin membuat kolam renang atau area gym dalam rumah), dan perkiraan biaya lainnya. Aanda dapat juga mengkonsultasikan perkiraan baya yanng anda buat dengan seorang ahli interior dan eksterior bangunan, terutama untuk menghindarkan anda dari pembengkakan budget ketika akibat renovasi, ada beberapa komponen rumah yang harus diganti.

Perlu pinjaman bank ataukah tidak

Pada saat ingin mengadakan perbaikan untuk rumah anda, hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah persiapan dana bantuan yang perlu dipersiapkan ketika budget yang anda miliki kurang. Anda dapat menanyakan informasi kepada beberapa bank jika ingin mengajukan pinjaman dalam rangka merenovasi hunian lama yang anda miliki. Terkait hal ini yang harus anda perhatikan adalah adakah nantinya jaminan yang harus anda berikan kepada pihak bank selama masa pinjaman dana seperti sertifikat rumah atau kendaaan bermotor. Tanyakan pula kepada pihak bank yang anda tuju berapa prosen bunga yang harus anda bayarkan setiap bulannya dan penghitungan bunga yang ditetapkan (bunga tetap atau bunga fluktuatif). Ketika anda ingin mengajukan pinjaman kepada pihak bank dalam rangka perbaikan rumah, tanyakan lama masa tenor minimal dan maksimal yang dapa anda ambil agar anda dapat memiliki perkiraan masa bayar dengan total penghasilan yang anda miliki. Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, maka rencana renovasi rumah akan berjalan lancar dan cepat.

3 Comments

  1. Mau dapat Backlink Gratis dari saya..!

    saya bisa kasih backlink gratis untuk keywords “jasa Desain Rumah” jadi nanti kalau ada yang cari keywords itu di google,
    website anda bisa muncul di halaman 1 google.

    soalnya, sekarang saya lihat masih di halaman 2 google.
    sebagai imbalan buat saya, anda bisa kasih link saya pada website anda.
    terima kasih saya tunggu kabar baiknya, Thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hello, Ada yang bisa kami bantu untuk pembuatan Designnya?
Powered by